Ditulis Pada 09 November 2017 20:22 WIB

Bantul dan Sukabumi Raih Penghargaan Adminduk Kategori Dukcapil Bisa

Jakarta - Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul dan Sukabumi mendapat penghargaan kategori “Dukcapil Bisa” dari Menteri Dalam Negeri melalui Plt. Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo di Jakarta, Kamis (09/11/2017).

 

Penghargaan diterima langsung oleh Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul dan Sukabumi bersamaan dengan penghargaan kategori lain di hadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

 

Selain atas kepatuhannya terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, Kabupaten Bantul dinilai berprestasi dalam mencapai cakupan kepemilikan Akta Lahir untuk anak usia 0 sampai 18 tahun hingga 94,07%. 

 

Sementara untuk perekaman data KTP-el tuntas hingga 100%. 

 

Seperti halnya Bantul, Kabupaten Sukabumi juga memiliki prestasi yang sama. Untuk cakupan Akta Kelahiran anak usia 0 sampai 18 tahun, Sukabumi sudah merampungkan kepemilikan Akta Lahir hingga 94,63%. 

 

Untuk perekaman data KTP-el, Sukabumi sudah mencapai perekaman hingga 94,1%. 

 

Pada pelaksanaan Rakornas ini, Ditjen Dukcapil juga memberikan penghargaan kepada para kepala daerah dan pimpinan lembaga/instansi pusat atas prestasi dan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan serta kualitas dokumen kependudukan. 

 

Rakornas berlangsung selama tiga hari pada tanggal 09 sampai 11 November 2017 di Hotel Bidakara Jakarta. Rakornas ini merupakan kali kedua setelah Rakornas yang sama dilakukan di Provinsi Gorontalo beberapa waktu yang lalu. 

 

Dihadiri peserta tidak kurang dari 2.000 orang, Rakornas mengangkat tema “Konsolidasi Data Kependudukan dalam Rangka Menyukseskan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019”. Dukcapil***