Ditulis Pada 30 Agustus 2017 18:17 WIB

Alpa Beta, Anak Lahir Pulang Bersama Akta Dukcapil Padang Pariaman

Padang Pariaman – Kabupaten Padang Pariaman menjadi salah satu daerah yang tengah mengembangkan inovasi dalam pelayanan administrasi kependudukan. Melalui Dinas Dukcapil, pemerintah daerah memastikan setiap warganya mudah mendapatkan dokumen kependudukan, salah satunya Akta Kelahiran. 

 

Alpa Beta (Anak Lahir Pulang Bersama Akta), menjamin setiap warga membawa pulang Akta Kelahiran untuk anaknya setelah pemulihan masa persalinan usai. 

 

“Program ini kami namakan Alpa Beta, yang didukung oleh Ajek (Antar Jemput administrasi Kependudukan)”, ungkap Kepala Dinas Dukcapil, Muhammad Fadhly, Senin (28/08/2017).

 

Alpa Beta sebenarnya telah dipersiapkan perencanaannya sejak tahun 2016 dan telah di soft launching pada awal 2017. Segala saran, prasarana, serta SOP penerapan inovasi ini sudah disiapkan dengan baik, dengan melibatkan berbagai stakeholder terkait. 

 

“Saat ini sudah berjalan dan kita terus membenahi prosesnya agar semakin sempurna dan menambah kerjasama dengan puskesmas-puskesmas”, lanjut Fadhly. 

 

Klinik Aisyiah Pariaman, menjadi salah satu klinik yang sudah bermitra dalam program ini. Jadi, setiap anak yang lahir di klinik ini, setelah administrasinya diproses oleh petugas, lalu petugas akan mengantar langsung Akta Kelahiran ke rumah dengan menggunakan trasportasi motor Ajek.  

 

“Kami akan mengantarkan Akta Kelahiran anak yang baru lahir sebelum mereka pulang ke rumah”, jelas Kepala Seksi Kelahiran, Muhammad Devid, pada kesempatan yang sama. 

 

Menurut Devid, program ini sudah dikembangkan dengan 25 Puskesmas. Selain itu, juga bermitra dengan klinik swasta manapun yang melakukan peyananan persalinan.

 

Program ini juga mendapat dukungan langsung dari Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni. Bupati bahkan akan menambah sepedan motor Ajek sesuai kebutuhan.

 

Selain Alpa Beta, Dinas Dukcapil tahun ini juga telah meluncurkna beberapa program baru. Di antaranya Dukcapil Weekend Service, Mitra PMI dan Kadoku KTP-elektronik bagi siswa siswa SMA. Dukcapil***