Ditulis Pada 28 Maret 2018 11:11 WIB

Aksi Simpati, Inovasi Pemkab Bantul Update Data Kematiaan Warga

Bantul – Aksi Simpati (Akta Kematian Sehari Pasti Jadi) merupakan inovasi Dinas Dukcapil Bantul. Inovasi ini sebagai wujud simpati Pemkab Bantul kepada masyarakat yang anggota keluarganya meninggal dunia dengan memberikan Akta Kematian.

 

Selain Akta Kematian, keluarga yang sedang berduka juga akan mendapatkan Kartu Keluarga dan KTP-el baru yang datanya sudah diupdate sebelum jenazah dikebumikan. 

 

“Aksi Simpati ini dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Negara hadir sampai dengan pintu-pintu penduduk”, jelas Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bantul Bambang Purwadi Nugroho saat menyerahkan Akta Kematian warga di Bantul, Senin (26/03/2018). 

 

Tujuan Aksi Simpati, menurutnya, juga untuk sesegera mungkin meng-update data penduduk sehingga data penduduk akan cepat termutakhirkan dan segera mendapatkan dokumen kependudukan yang telah dimutakhirkan.

 

Untuk saat ini, Aksi Simpati telah berjalan di beberapa desa dan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat dan aparat desa setempat. Betapa tidak, masyarakat tanpa harus mengurus ke Dinas Dukcapil sudah terlayani bahkan sudah menerima dokumen kependudukan sebelum jenazah keluarganya dimakamkan. 

 

Aksi ini sukses berkat kerjasama antara Ketua RT/Dukuh, pemerintah desa, petugas register desa, dan Dinas Dukcapil. 

 

“Kerjasama pihak-pihak ini sangat mutlak diperlukan untuk terlaksananya kegiatan ini”, sambung Bambang.

 

Bambang berharap, Aksi Simpati yang sudah bergulir sejak awal tahun 2018 ini ke depan dapat menjangkau semua penduduk di Kabupaten Bantul sebagai wujud kepedulian dan bisa membahagiakan masyarakat Bantul. Dukcapil***