Ditulis Pada 03 April 2018 11:43 WIB

Adminduk yang Baik Percepat Terwujudnya Cita-Cita Bangsa

Jakarta – Mewakili Dirjen Dukcapil Kemendagri, Sekretaris Ditjen Dukcapil I Gede Suratha meyakini layanan administrasi kependudukan yang baik berdasarkan regulasi dapat mempercepat terwujudnya cita-cita bangsa. 

 

Hal ini ia sampaikan pada acara Bimbingan Teknis Pejabat Daerah Bidang Pencatatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Mendukung Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran Angkatan IV di Park Hotel, Jakarta, Senin (02/04/2018).

 

“Dukcapil berharap dapat melaksanakan regulasi administrasi kependudukan dengan baik. Jika ini dijalankan dengan baik, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, cita-cita bangsa akan cepat tercapai”, jelas I Gede Suratha optimis.

 

Mendasari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, I Gede Suratha menghimbau agar insan Dukcapil selalu update dengan perkembangan serta dinamika yang terjadi setiap waktu. 

 

“Menghasilkan dokumen kependudukan yang baik, juga harus diikuti insan Dukcapil dengan sangat baik”, sambungnya. 

 

Untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan warga, ia mengaku pihaknya terus mendorong upaya penerapan berbagai kebijakan untuk memperbaiki layanan publik. 

 

“Pemberian layanan kepada masyarakat merupakan perwujudan cita-cita bangsa sesuai dengan sasaran dan proses pembangunan”, imbuhnya.

 

Sementara itu, menyinggung masih adanya warga belum memiliki dokumen kependudukan yang lengkap, Sekretaris Ditjen Dukcapil mengaku memang ada beberapa daerah yang kondisi geografisnya pernah mengalami beberapa bencana alam besar seperti gempa bumi. 

 

“Ini salah satu yang menyebabkan dan menjadi persoalan bagi Dinas Dukcapil”, tambah I Gede Suratha.

 

Sebagian masyarakat, lanjutnya, ada yang tidak bisa menyebut alamatnya dimana karena tertimpa bencana. Ladang yang menjadi sumber kehidupan pun berpindah. 

 

Hal inilah salah satu menurut I Gede Suratha menjadi persoalan baru dalam layana publik yang harus cepat diselesaikan. Dukcapil***