Ditulis Pada 17 Januari 2018 19:55 WIB

97% Penduduk Indonesia Sudah Rekam KTP-el

Jakarta – Mengakhiri tahun 2017 dan memasuki tahun politik 2018, Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Dukcapil telah menorehkan kinerja yang membanggakan. 

 

Setidaknya, dua tugas besar untuk membahagiakan rakyat sudah membuahkan hasil, yakni cakupan kepemilikan Akta Kelahiran mencapai 85,20% dan perekaman KTP-el sebesar 97%. 

 

Terkait perekaman KTP-el, Ditjen Dukcapil memberi perhatian khusus karena tahun 2018 merupakan tahun politik: Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. 

 

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, prosesnya perekaman data KTP-el secara nasional sudah mencapai 97 persen. Artinya, tinggal 3 persen atau sekitar enam juta penduduk yang belum melakukan perekaman KTP-el.

 

“Ada yang sudah terekam, tapi belum mendapatkan KTP-el. Sekitar lima juta orang menunggu proses cetak”, jelas Prof. Zudan di Jakarta baru-baru ini. 

 

Menuntaskan hal ini, Prof. Zudan mengajak masyarakat segera mendatangi dinas Dukcapil kabupaten/kota sesuai domisili untuk melakukan perekaman data KTP-el bagi yang belum merekam. Bagi yang sudah merekam, dinas Dukcapil melakukan pencetakan fisik KTP-el. 

 

Memenuhi ketersediaan blangko KTP-el selamat tahun politik 2018, Ditjen Dukcapil berencana menambah stok 25 juta blangko KTP-el. Sepanjang 2017 lalu, 20,5 juta blangko KTP-el sudah didistribusikan. 

 

Blangko tersebut didistribusikan di daerah secara proporsional sesuai kebutuhan daerah. Dukcapil***