Ditulis Pada 09 Juli 2018 17:43 WIB

2 Menteri Jadi Saksi Nikah Massal, Dukcapil Terbitkan 200 KTP-el

Manado – Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 tahun 2018 dirayakan dengan berbagai kegiatan oleh pemerintah pusat dan daerah. Puncaknya, perayaan Harganas berlangsung meriah di Kompleks Megamas, Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (07/07/2018). 

 

Uniknya, dua menteri perempuan hadir langsung mewakili Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Mereka adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yambise serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani. Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh juga hadir mewakili Mendagri.

 

Kedua Menteri bahkan menjadi saksi nikah massal bagi 57 pasangan menikah yang merupakan warga se-Sulut. Para pengantin tampil apik dengan balutan pakaian adat daerah masing-masing.

 

Mendukung hal itu, Dinas Dukcapil se-Sulut turut ambil bagian dengan menerbitkan dokumen kependudukan berupa paket Akta Perkawinan, Kartu Keluarga (KK), dan KTP-el yang diserahkan langsung kepada pasangan yang menikah oleh Menteri PPPA Yohana. 

 

“Ini adalah hal yang luar biasa karena sudah bisa menikahkan mereka secara sah, dan membantu mereka memiliki identitas seperti KTP-el, KK dan Akta Perkawinan,” ujar Yohana.

 

Sementara Menko PMK Puan Maharani menyampaikan, puncak peringatan Harganas 2018 tidak hanya diikuti oleh warga Sulut. Setidaknya, 13 ribu warga dari seluruh Indonesia datang ke Manado ikut menambah kemeriahan perayaan Harganas.

 

“Semoga menjadi komitmen sekaligus kekuatan untuk membangun keluarga yang tangguh dan bahagia,” pungkas Puan.

 

Selain paket dokumen kependudukan bagi pasangan menikah, juga diserahkan KTP-el kepada 200 warga Sulut oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Sebanyak 58 keping KTP-el di antaranya merupakan hadiah ulang tahun bagi warga yang jatuh pada 7 Juli 2018. Dukcapil***