Kunjungi 5 Daerah di Jawa Barat, Dirjen Dukcapil Ingatkan 14 Langkah Besar Dukcapil


2019-01-25 04:40:34

Jakarta – Berkunjung dan melihat langsung pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) adalah hal yang biasa dilakukan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Prof. Zudan datang ke daerah untuk memastikan setiap pelayanan Adminduk berjalan dengan baik.

Kali ini, Zudan mendatangi lima daerah di Provinsi Jawa Barat, yaitu Kota Tasikmalaya, Tasikmalaya, Kota Banjar, Ciamis dan Pangandaran.

“Rekan-rekan Dukcapil selamat pagi, sehat dan semangat selalu. Rekan-rekan semua, saya ingin mengingatkan terkait hasil kunjungan saya bersilaturahmi roadshow di 5 Dinas Dukcapil di Jawa Barat, yaitu Kota Tasikmalaya, Tasikmalaya, Kota Banjar, Ciamis dan Pangandaran”, kata Zudan di Jakarta, Jum’at (25/01/2019).

Hasil kunjungannya, Zudan mengingatkan kembali tentang efektivitas pelaksanaan 14 langkah besar Dukcapil yang selama empat tahun terakhir sudah menjadi kebijakan lembaga yang dipimpinnya.

“Secara umum bahwa dari 14 langkah besar Dukcapil, ada beberapa langkah yang belum dilaksanakan secara konsisten dan menyeluruh, yaitu penerapan Akta Kelahiran online, rekam cetak luar domisili, pindah penduduk tanpa pengantar RT/RW dan desa/kelurahan/kecamatan”, urai Prof. Zudan.

Selain itu, pemanfaatan data kependudukan dan membangun ekosistem Adminduk juga belum dilaksanakan secara konsisten dan menyeluruh oleh beberapa daerah. 

Akan tetapi, Prof. Zudan mengapresiasi jajarannya yang sudah menjalankan beberapa langkah secara konsisten.

“Ada beberapa langkah besar Dukcapil yang sudah berjalan bagus. Kota Banjar sudah melaksanakan hampir seluruhnya 14 langkah besar Dukcapil, kecuali yang  jadi domain pemerintah pusat”, ungkap Prof. Zudan dengan rasa senang.

Terhadap langkah-langkah yang belum berjalan optimal, ia sudah mengingatkan dan meminta langsung para Kepala Dinas Dukcapil agar segera melaksanakan 14 langkah besar Dukcapil yang ia maksud.

Untuk efektivitas pelaksanaan langkah-langkah tersebut, Prof. Zudan memerintahkan para Penanggung Jawab (PJ) dan Koordinator Wilayah (Korwil) untuk melakukan cek dan ricek serta membina wilayahnya masing-masing.

Ia juga mengingatkan agar para PJ dan Korwil untuk turun ke daerah, dan tidak ragu-ragu mendatangi Dinas Dukcapil serta pejabat dan stafnya.

“Temui Kepala Dinas, Sekretaris Dinas, Kabid, serta staf. Cek langsung terlaksananya 14 langkah besar Dukcapil. Catat secara lengkap apa yang terjadi di sana, dan laporkan ke saya. Terima kasih, dan untuk di pedomani”, tutup Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh. Dukcapil***